Rabu, 17 Maret 2010

Urghh Sebel!!


Semburat senja diufuk barat menambah temaram suasana sore itu. Taman yang penuh bunga seakan turut menikmati keindahan menjelang malam. Saat itu di bangku taman tampak seseorang sedang menikmati panorama tersebut.
“Aluna…”
Yang dipanggil menoleh ke sumber suara, sesosok tubuh atletis menatapnya penuh kasih.
“Dipanggil Mama, segera ya!” kata Galuh, kakak Aluna, lalu berbalik meninggalkan Aluna, sendiri. Lagi.
Aluna segera menemui Mamanya di ruang keluarga.
“Sini sayang.” Pinta Mama.
Aluna duduk disamping Mamanya. “Ada apa, Ma?” tanya Aluna, penasaran dengan sikap Mamanya yang gak biasa.
“Begini…kamu kan udah gede, udah dewasa,..”
“Udah deh Ma to the point aja.” Potong Aluna. Kesal dengan Mamanya yang berbelit-belit.
“Papa, Mama, dan seluruh keluarga sudah merencanakan pertunanganmu.”
“What?” Aluna percaya gak percaya ama perkataan Mamanya barusan. “Aduh…..Mama! Sekarang tuh ya..bukan jamannya lagi Siti Nurbaya-Siti Nurbayaan. Perempuan udah bisa mandiri, jadi gak usah begitu deh Ma!” cerocos Aluna.
“Gak bisa sayang. Ini udah jadi kesepakatan keluarga kita dan keluarga Aziz. Semuanya udah di atur…”
“Pokoknya gak bisa. Titik! Lagian ya Ma, Aluna masih SMA dan Aluna dah punya pacar. Mau di kemanain pacar Aluna kalo Aluna tunangan ama makhluk yang gak jelas.” Kekesalan Aluna udah nyampe di ubun-ubun.
“Ya kamu putusin aja pacar kamu itu. Terus calon tunanganmu ini makhluk yang jelas Aluna. Namanya Nathan. Pokoknya kalo kamu udah ketemu ama Nathan, pasti kamu gak akan nyesel mutusin pacar kamu itu.” Terangnya panjang lebar. Bikin Aluna makin sebel.
“Ma..mau Nathan, mau Arga, pokoknya Aluna gak mau. Titik! Apalagi harus mutusin Joe.” ucap Aluna gak percaya. “Aluna gak bisa. Aluna dah telanjur….”
Belum sempat Aluna menyelesaikan kalimatnya udah dipotong oleh Mamanya, “Putusin dia sayang!”
“Gak bisa Ma..” kata Aluna tegas.
“Sayang….apa pun keputusanmu, pertunangan ini akan tetap berjalan.” Kata Mamanya lebih tegas. Kemudian dia beranjak pergi, meninggalkan Aluna sendiri.
“Urgghh…sebel!!”


SMA Negeri 46 Pekalongan….
Bel istirahat sekolah menggema di seantero SMANROS. Semua siswa berhamburan keluar. Riuh dengan canda tawanya. Begitu pun dengan Aluna, langsung menuju ke kantin, mengisi perutnya yang sejak tadi terus bernyanyi. Aluna mencari tempat yang masih kosong sedangkan Fia memesan makanan.
“Nih pesenannya,” Fia menyodorkan semangkok bakso dan segelas orange juice.
“Thanks.”
Selama beberapa detik gak ada yang berbicara, asyik menikmati santapannya.
“Gawat nih, Fi.” Aluna memulai pembicaraan.
“Gawat apaan?”
“Gue mau ditunangin.”
Fia kaget mendengar penuturan sobatnya ini, harus menunggu beberapa detik untuk membuatnya sadar kembali. “Tunangan?” tanya Fia gak percaya.
“Iya. Udah gak jaman lagi kan?”
“Ama siapa? Terus gimana dengan Joe?” tanyanya penasaran.
“Nathan. Gak tau deh kayak apa orangnya.” Meneguk OJnya.”Dan Joe…gue harus mutusin dia.” Aluna pasrah.
“Putus?”
“Ya…mau gimana lagi coba? Apa pun keputusan gue, pertunangan itu tetap berjalan. Gue juga berat mutusin Joe. Gue udah telanjur sayang banget ma dia,,,” ucapannya tersirat kesedihan.
“Sabar ya…” Fia mencoba menenangkan sobatnya ini.
Aluna mengangguk kecil.


Jarum jam di SMANROS menunjukan angka 13.45 WIB. Bel berdenting berulang kali, tanda jam pelajaran sudah berakhir. Semua siswa berhamburan dari kompleks sekolah.
“Aluna, tunggu…!” teriak Joe.
Aluna berpaling ke Joe yang sedang berlari ke arahnya.
“Gue…hhh… ada…hh… perlu..hh…. ama loe..hh.., penting.” Ucap Joe setelah sampai di depan Aluna.
“Nafas dulu Bung baru bicara.” Semprot Fia.
Joe menarik nafas dalam-dalam satu dua kali. Setelah di rasa normal kembali dia berkata, ”Gue ada perlu ama loe, penting.”
“Ya tau…tadi kan udah bilang.” Ujar Aluna sewot.
“Sorry ya Fi gue culik sobat loe ini.”
“Tunggu gue ya, Fi.” Teriak Aluna.
Sebelum Fia sempat menjawabnya, Joe udah mencengkeram tangan Aluna dan menyeretnya.
“Jojo, lepasin! Sakit tau!”
Joe pun melepaskan genggamannya lalu melangkah ke taman sekolah diikuti Aluna yang meringis membelai tangannya.
“Sorry, gue gak ada niatan nyakitin loe.” Joe nyengir lebar.
“Rese loe. Perlu apaan.” Kata Aluna dengan suara lembutnya.
Joe terdiam beberapa saat, mengatur nafasnya. Kemudian berkata, “Ehm….gimana kalo kita…” menghindari tatapan Aluna. “Putus?”
‘What?’ batin Aluna. Aluna gak percaya dengan apa yang baru saja didengarnya. ‘Emang sih…ini yang diinginkan Mama. Putus dari Joe. Tapi, apa yang membuat Joe minta putus dari gue? Tanda tanya besar. Apa ada yang salah dengan diri gue?’ batin Aluna masih gak percaya. Aluna masih saja terbengong ketika Joe memanggil namanya berulang kali.
“Aluna!” teriak Joe.
Seketika Aluna tersadar kembali. Tiba-tiba emosinya naik. “Urgghh…gak usah teriak-teriak! Gue dengar Joe!” kata Aluna sewot.
“Gimana kalo kita putus?” tanya Joe sekali lagi.
“Aduh Joe…….sejak kapan sih loe selalu mengulang perkataan loe itu.” Aluna kesal setengah mati. ‘Dikiranya gue telmi apa,’ batin Aluna. Sebal.
Keduanya diam begitu lama. “Gimana Aluna?” ujar Joe, memecah kesunyian yang terasa menyakitkan.
“Ya udah, kalo loe mau putus ya putus aja.” Ujar Aluna sewot.
“Ya udah kita putus.”
“Ya putus!”
Joe mengamati Aluna yang sedang berdiri di hadapannya. Aluna merasa jengah diamati seperti itu. “Ada apa?” tanya Aluna heran.
“Loe gak nangis gue putusin?”
“What? Nangis? Ngapain gue harus nangis. Putus dari loe bukan berarti dunia ini kiamat tau!” ujar Aluna makin sewot ditanya seperti itu. Tapi sedetik kemudian dia sadar kenapa dia gak ngerasa sedih, kenapa dia gak pengin nangis diputusin Joe. ‘Gue udah siap kali putus dari Joe,’ batinnya lagi.
“Biasanya cewek kalo diputusin ma cowoknya kan nangis, marah-marah, terus ngamuk-ngamuk kayak banteng gitu.” Terang Joe.
“Loe nyamain gue ama banteng?” omel Aluna.
“Bukan itu maksud gue…”
“Rese loe. Inget ya Joe, gue itu bukan cewek biasa. Dan gue gak perlu nangis diputusin cowok horor kayak loe.” Kata Aluna tegas. “Oh ya, kenapa loe mutusin gue?” tanya Aluna tiba-tiba.
Joe kaget juga ditanya seperti itu. “Ehm….” Berpikir sejenak. “Karena gue udah bosen ama loe.” Ucapnya asal-asalan.
‘What? Bosen? Emang gue ngebosenin ya?’ tanyanya pada diri sendiri. Aluna kaget juga mendengar jawaban Joe. Aluna pergi meninggalkan Joe yang tetap tertegun ditempatnya. Sebenarnya Joe berat mutusin Aluna, namun demi ortu tercintanya dia rela melepaskan bunga jiwanya. Tapi…. Joe heran juga dengan sikap Aluna yang anteng-anteng aja Joe putusin.


“Ada apa?” tanya Fia penasaran, sesampainya Aluna nyampe di parkiran.
“Putus. Kita udah putus.” Jawab Aluna kalem.
“Loe udah mutusin dia?” tanya Fia gak percaya. Matanya melotot hampir copot.
“Gak usah melotot gitu donk Fi. Horor tau!” Semprot Aluna kesal dengan respon Fia yang berlebihan itu. “Yang mutusin bukan gue kok.” Aluna menambahkan.
“Yang mutusin bukan loe, berarti Joe donk. Hah? What Happen?” Fia bisa terkena penyakit jantung mendapat banyak kejutan hari ini.
“I don’t know. Tiba-tiba aja dia mutusin gue, katanya sih dia bosen. Ya udah kita putus. Lagian ini juga kan yang Mama minta. Lengkap sudah.” Katanya pasrah.
“Sabar ya. Nih…” Fia menyodorkan sapu tangannya.
“Buat apa?” tanyanya. Heran dengan apa yang dilakukan Fia.
“Buat ngusap air mata loe.” Katanya dengan tampang innocentnya.
“Rese loe.”
“Ya udah simpan aja. Persiapan buat ntar malam.”
“Urgghh….dasar Fia. Cabut yuk..”


Beberapa hari kemudian…..
Aluna mondar-mandir di kamarnya. Hatinya sedari tadi gak berhenti dag dig dug der. Yap! Ceritanya ntar malam Aluna mau ketemu ama calon tunangannya itu. PeDeKaTe, kata Mamanya. Aluna mengambil ponsel di atas meja belajarnya dan segera memencet nomor yang sudah di hafalnya di luar kepala.
“Halo? Fia?”
“Ya ada apa, Non?”
“Hey, kapan loe jadi pembokat gue?” tanyanya bercanda.
“Kurang ajar loe.”
“Just kidding. Fi, gue deg-degan banget ne.”
“Ihhh…yang ntar malem mau ketemuan…” goda Fia di seberang sana.
“Ya secara gue kan gak tau dia orangnya kayak apa. Ya kalo orangnya lebih dari Joe.” Terdiam sejenak. “Ingat Joe…gue jadi kangen nih ma dia. Walau dia resenya minta ampun, walau dia nyebelin banget, gak ada romantis-romantisnya, ternyata kita akan benar-benar sadar kalo kita sayang ma seseorang setelah kita kehilangan dia. Hey kenapa gue jadi ngelantur gini sih,” Aluna tertawa renyah.
“Duh..yang lagi sayang ma mantan. Hi..hi..hi.. Baru sadar kan kalo putus cinta itu sakit banget.”
“Diem loe.”
“Kira-kira yang namanya Nathan itu kayak apa ya?”
“Gue takutnya dia kayak Temon.” Kata Aluna asal-asalan.
“Hey..kurang ajar!”
“Maksud gue artis! Temon artis kan?”
“Heeee..gak lucu tau. Eh...kalo dia handsome, kenalin ke gue ya?”
“Maunya. Udah dulu ya, mau siap-siap ne, he..he…”


Dalam perjalanan ke sebuah kafe tempat pertemuan berlangsung, yang bertengger dalam otak Aluna hanyalah bayangan Joe. Bagaimana pun Aluna masih sayang ama Joe. Walaupun nantinya Nathan lebih tampan dari Joe.
Setelah sampai di tempat tujuan, Aluna memilih tempat di sudut ruangan, agar mudah di lihat para pengunjung. Deg-degan juga hatinya bila harus bertemu Nathan.
Aluna tercekat saat sesosok pemuda berperawakan atletis dengan kemeja hitam bergaris-garis putih memasuki ruangan. Joe. ‘Pasti dia lagi mau kencan ma cewek barunya, sekarang kan malam minggu,’ batin Aluna. Ada rasa cemburu di hatinya. Tatapan mereka bertemu. Joe mengahmpiri meja Aluna.
“Ngapain loe disini?” tanya Aluna, basi-basi. Padahal pertanyaan yang benar adalah janjian ma siapa?
“Loe juga ngapain disini?” Joe balik nanya.
“Ehm…gue ada janji ma someone!”
“Gue juga.”
Joe duduk di samping Aluna. ‘Ngapain Joe duduk di sini, bisa-bisa Nathan gak berani datang menemuiku’ batin Aluna dalam hati. Namun dilain pihak Aluna senang juga ditemani Joe. Setelah putus mereka gak pernah jalan bareng lagi.
“Gue boleh duduk di sini kan? Sambil nunggu cewek gue datang,” kata Joe PeDe abiz.
‘Tanya, setelah duduk anteng kayak gitu. Aneh! Eitt..tunggu dulu. Cewek? Jadi bener dia janjian ma cewek barunya. Urghh sebel! Tapi disini gue kan lagi janjian ma Nathan. Aha! Gue bisa ngaku-ngaku kalo Nathan itu cowok gue. Good idea. Tapi..kalo Nathan amburadul, mati gue! Ah biarin! Batin Aluna dalam hati. Sambil cengengesan.
“Kenapa loe?” tanya Joe heran ngeliat Aluna yang cengar-cengir sendiri.
Aluna berusaha menguasai diri. Ia melirik jam tangannya. “Ah gak. Gue heran aja, kok cowok gue belum datang juga ya?” katanya sambil celingak-celinguk. Sedetik kemudian dia sadar kalo dia gak tau Nathan tuh orangnya kayak gimana. ‘Mampus gue! Gue kan gak tau yang namanya Nathan. Tadi Mama bilang Nathan malam ini mau pake baju warna apa ya? Hitam? Biru? Coklat? Ungu? Merah? Pink? Uh jangan pink!! Aduh…please help me!’ Aluna mulai gelisah.
“Loe jadian kok gak cerita ke gue sih? Siapa cowok loe sekarang?” tanya Joe, penasaran.
“Sorry..belum sempat cerita.” Elak Aluna. ‘Urghh kenapa Joe gak cemburu? Jangan-jangan dia udah gak ada rasa ama gue’ pikir Aluna, sebel, lalu menambahkan, “Namanya Nathan. Siapa nama cewek loe?”
“Moza.”
Keduanya terbengong. Sibuk dengan pikirannya masing-masing. Lalu keduanya serempak berkata, “Tunggu.. jangan-jangan….” Mereka berdua tertawa renyah menyadari kebodohan mereka.
“Urghh…sebel!” pekik Aluna.
Tiba-tiba Joe mengangsurkan tangannya kepada Aluna, dan berkata, “Kenalin gue Jonathan.” Seulas senyum nakal terukir di wajahnya.
“Aluna Dheamoza.” Aluna menyambut tangan Joe dan mereka berdua berjabatan tangan.. Tersenyum. Aluna gak habis pikir kalo calon tunangannya adalah Joe, pacarnya. Eit salah, mantan pacar. Mereka kan udah putus. Dia tau kalo Joe bernama lengkap Jonathan, yang akrab di sapa Joe atau Jojo. Tapi dia bener-bener gak nyangka kalo Nathan yang dimaksud adalah Jonathan.
“Coba kalo kita nyadar dari awal, kita kan gak perlu putus segala. Jadi sekarang gimana? Loe mau gak jadi pacar gue lagi?” tanya Joe, penuh harap. Cemas, takut Aluna nolak dia.
“Loe tuh gak ada romantis-romantisnya ya dari dulu. Masa’ minta balik kayak mau ngajak makan aja?” Aluna pura-pura cemberut. Tapi sebenarnya dia seneng banget.
“Sorry gue gak tau harus gimana. Tapi itu tulus dari lubuk hati gue yang paling dalem. Jadi..gimana?” tanya Joe harap-harap cemas.
“Ehm…walaupun loe itu nyebelin, resenya minta ampun, gak romantis sama sekali, tapi gue sayang ma loe.” Kata Aluna, memamerkan senyuman mautnya.
“Jadi..loe nerima gue nih?” tanya Joe gak percaya.
Aluna mengangguk pelan.
“Makacih cayangku…” Joe mengacak rambut Aluna.
“Tapi apa bener gue ngebosenin, Joe?” tanya Aluna, teringat akan alasan Joe saat memutuskannya beberapa hari lalu.
“Iya.” Kata Joe, lalu cepat-cepat menambahkan ketika Aluna melototinya, “Tapi bo’ong…” Joe nyengir lebar.
“Urghh…sebel.” Aluna memukul-mukul lengan Joe.

Cerita ini hanyalah fiktif belaka jika ternyata terdapat kesamaan, baik nama maupun peristiwa, sorry, emang sengaja.☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar